Home » » 4 mahasiswa UNPAR penakluk 7 gunung dunia pertama di Indonesia

4 mahasiswa UNPAR penakluk 7 gunung dunia pertama di Indonesia

Written By Kalimantan View on Minggu, 10 Agustus 2014 | 02.21



BAREMPALA - Para pendaki Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung yang tergabung dalam Indonesia Seven Summits Expedition menjadi penakluk 7 gunung dunia pertama di Indonesia . Tim yang terdiri dari Sofyan Arief Fesa (28), Xaverius Frans (24), Broery Andrew Sihombing (22), dan Janatan Ginting (22) berhasil menjadi pendaki Indonesia pertama yang menaklukan tujuh puncak gunung dunia. Mereka ini mendapatkan julukan "The Seven Summiters".

Ketujuh gunung yang sudah ditaklukkan yaitu Carstensz Pyramid, Papua, Indonesia; Kilimanjaro, Kenya, Afrika; Elbrus, Rusia; Vinson, Antartika; Aconcagua,  Argentina; Everest, Nepal; dan Puncak Denali, Alaska, Amerika Selatan. Adapun ketinggian gunungnya antara lain adalah Carstenz Pyramid (4.884 meter di atas permukaan laut), Indonesia; Kilimanjaro (5.895 mdpl), Afrika;  Elbrus (5.642 mdpl), Rusia; Vinson Massif (4.889 mdpl), Antartika; Aconcagua (6.962 mdpl), Argentina; Everest (8.848 mdpl), Nepal; dan Denali (6.194 mdpl), Alaska.
Sebelumnya, mereka sukses mencapai puncak Carstensz Pyramid (Februari 2009), Kilimanjaro (Agustus 2010), Elbrus (Agustus 2010), Vinson Massif (Desember 2010), Aconcagua (Januari 2011), dan Everest (Mei 2011).  Puncak ketujuh yang merupakan ekspedisi terakhir pada program seven summit expedition itu adalah Puncak Denali (6.194 mdpl), tim menancapkan Bendera Merah Putih di Puncak Denali, Alaska, Amerika Utara, Jumat (8/7/2011) lalu.
Perjuangan tanpan lelah ini yang ditempuh dengan perjalanan panjang dan memakan biaya hampir Rp 7 miliar. Tim ini mendapatkan dana dari sponsor yaitu PT Mud King Asia Pasifik Raya dan Universitas Katolik Parahyangan, Bandung. Ketua Pendakian, Sofyan Arief Fesa menuturkan tiga rahasia sukses  dalam menaklukan seven summits yaitu enjoy, healthy, dan summits.  Prestasi ini sungguh luar biasa. Karena disamping harus mempunyai kewajiaban menyelesaikan kuliah, mereka juga tertantang menaklukkan 7 puncak gunung dunia.
Selain itu, dengan kesukseskan ini Mahitala Unpar dengan Tim ISSEMU-nya memposisikan Indonesia menjadi negara ke-53 yang berhasil menuntaskan seven summits dan menjadikan para pendakinya masuk dalam seven summiters bersama 275 pendaki dari seluruh dunia yang berhasil memiliki gelar yang prestisius tersebut. Di Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara kedua setelah Singapura, yang pendakinya, Swee Chiow Khoo, sukses menyelesaikan tujuh puncak tertinggi tersebut pada November 2000.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Barempala - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger