Home » » Pulau Miang Ingin Dijadikan Seperti Derawan

Pulau Miang Ingin Dijadikan Seperti Derawan

Written By Kalimantan View on Senin, 11 Agustus 2014 | 11.17



BAREMPALA - Kepala Pusat Penelitian Sumber Daya Alam Universitas Mulawarman, Ir Bernaulus Saragih, M.Sc. Ph.D, menilai Pulau Miang Besar dan Miang Kecil di Kecamatan Sangkulirang sebagai Pulau Derawannya Kutai Timur. Hal ini karena berbagai perannya yang strategis sekaligus potensinya yang besar.
“Kawasan tersebut merupakan pertemuan arus dari Selatan ke Utara, juga dari Laut Sulawesi ke Sungai Sangkulirang. Potensi perikanan dan kelautannya sangat besar. Terlebih bila dikelola sebagai ekowisata. Kedua pulau itu merupakan Derawannya Kutim,” ucapnya.
Pulau Derawan merupakan pulau wisata yang terletak di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur, yang sangat terkenal keindahan serta potensi kelautan dan perikanannya.
Langkah yang harus dilakukan adalah menjadikan pulau sebagai kawasan konservasi. “Penetapan sebagai kawasan konservasi itu tidak semata tergantung tata ruang. Tetapi pada fungsinya. Penetapan sebagai kawesan konservasi perlu dilakukan,” katanya.
Bernaulus pun menilai warga bakal mengalami keterguncangan budaya (cultural shock) terkait proyek MBCT, karena mereka harus meninggalkan profesi turun temurun yang menggarap sektor perikanan dan kelautan.
“Industri batu bara itu padat modal, bukan padat karya. Apalagi hanya sebatas terminal yang berfungsi bongkar muat. Kalaupun ada penyerapan tenaga kerja, tentu yang bersifat mekanis, seperti sopir. Apalagi akan menggunakan teknologi conveyor,” katanya.
Bila menggunakan conveyor, tentu lebih sedikit tenaga yang diserap. Bila demikian, sebagian masyarakat yang lain akan kesulitan. Mengingat kultur kolektif sebagai pegiat sektor perikanan dan kelautan sudah ditinggalkan. Karena itu, fungsi pulau harus dipertahankan.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Barempala - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger